Close Ads Here
Close Ads Here

Buka Rakor Sinergitas Urusan Pemerintahan Umum, Gubernur : Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024*

Rabu, 22 Mei 2024 | 18:13 WIB Last Updated 2024-05-22T11:13:56Z


Palu- Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Fahrudin D. Yambas membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Tugas Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah Bidang Pemerintahan Umum Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah Tahun 2024. Bertempat, di Hotel Best Western Coco Palu. Rabu, (22/5/2024)

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulteng ini dihadiri, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri selaku Narasumber, Kepala Perangkat Kesbangpol Kabupaten dan Kota se-Sulteng, Pejabat dan Staf Lingkup Kesbangpol Provinsi Sulteng. 

Pada kesempatan itu, Asisten I Fahrudin mengatakan, Gubernur adalah jabatan politik yang dihasilkan dari proses politik sebagai representasi proses demokrasi. Selain itu, dalam penyelenggaraan pemerintahan, Gubernur melaksanakan 2 (dua) fungsi yakni, sebagai Kepala Pemerintah Provinsi dan Wakil Pemerintah Pusat di daerah. 

Dikatakanya juga, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Bakesbangpol merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang memiliki tugas dan fungsi yang tidak kalah penting dengan perangkat daerah lainnya. 

Selanjutnya, Fahrudin juga mengungkapkan, tahun 2024 ini merupakan tahun kedua Bakesbangpol menerima kucuran dana GWPP penyelenggaraan pemerintah umum sebesar Rp. 111.511.000, (seratus sebelas juta lima ratus sebelas ribu rupiah) yang dialokasikan untuk menerima pertanggungjawaban Bupati dan Walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan umum di Kabupaten dan Kota untuk selanjutnya diteruskan kepada Mendagri di Jakarta. 

"Pada bulan November kita akan melaksanakan Pilkada dibeberapa Kabupaten/Kota secara serentak, hal ini merupakan tanggungjawab kita sebagai aparat pemerintahan agar terselenggara dengan sukses dan lancar", Ujarnya 

Untuk itu, saya berharap melalui Bakesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota agar dapat memberikan informasi yang jelas khususnya mengenai kesiapan anggaran Pilkada sesuai kebutuhan rill KPU, Bawaslu, serta TNI dan Polri, serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi guna mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

“Selaku pimpinan di daerah, saya berharap agar pelaksanaan rakor ini dapat menginspirasi kita dalam memberikan kontribusi gagasan dan inovasi untuk memaksimalkan tugas dan fungsi Gubernur selaku Wakil Pemerintah Pusat di daerah khusunya dalam menjaga kondusifitas di daerah dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak pada tahun 2024 ini", Tambah Asisten I 

Melalui kesempatan ini, Asisten juga mengingatkan agar kegiatan Paskibraka yang perekrutan dan pembinaannya saat ini sudah dilaksanakan oleh Bakesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota agar dilaksanakan dengan baik.

"Silahkan melaksanakan rekrutment dengan transparan sesuai aturan dan juknis yang ada sehingga diharapkan akan memperoleh calon paskibraka yang berkualitas dan berahlak baik", Pesan Gubernur dalam sambutan tertulisnya

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulawesi Tengah.

Narahubung : Ahyain (082251271042)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Rakor Sinergitas Urusan Pemerintahan Umum, Gubernur : Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024*

Trending Now

Iklan