Close Ads Here
Close Ads Here

*Analisis Keberadaan Imam Syaban Sebagai Tokoh Ulama, Brida Prov. Sulteng Lakukan Audiensi Dengan TACB*

Selasa, 22 Agustus 2023 | 23:15 WIB Last Updated 2023-08-22T16:15:16Z


*Palu,* Sulawesi Tengah - Badan Riset Dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Sulawesi Tengah lakukan Audiensi dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Sulawesi Tengah terkait Jalur Rempah Sulawesi Tengah dan Islam Kosmopolitas, dengan melakukan riset Islam Kosmopolitan Imam Syaban di Lolantang Kabupaten Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah. Bertempat, di Ruang Kerja Kepala Brida Provinsi Sulteng. Senin (21/08/2023).


Zubair Butudoka selaku Ketua Tim pada penelitian ini menjelaskan, terdapat beberapa tujuan diadakannya riset ini, yaitu menjelaskan posisi strategis kuburan Imam Syaban dalam jalur pelayaran dan perdagangan nusantara, menguraikan riwayat Imam Syaban dalam literatur maupun oral history masyarakat setempat, dan menganalisis keberadaan Imam Syaban sebagai tokoh ulama yang membangun Islam cosmopolitan di Banggai Kepulauan abad ke-8 hingga agama islam mengalami perkembangan diwilayah ini.


"Terdapat dua jalur rempah yang melewati Sulawesi Tengah, yaitu jalur selat Makassar dan jalur selat Maluku. Kedua jalur ini melibatkan Sulawesi Tengah masuk dalam jalur perdagangan rempah di nusantara. Salah satu bukti arkeologis adalah adanya kuburan Imam Syaban di Lolantang Banggai Kepulauan."Ucap Zubair 


Lebih lanjut, ia menjelaskan, terdapat fakta terkait kuburan Imam Syaban diantara seperti adanya peradaban islam (islam kosmopolitan) tertua di Sulawesi Tengah, situs kuburan menunjukkan bahwa wilayah Sulawesi Tengah adalah salah satu destinasi di jalur rempat nusantara, dan komunitas islam tertua di Banggai adalah salah satu bukti islam tertua di nusantara.


Pada kesempatan yang sama Kepala Brida Prov. Sulteng, Faridah Lamarauna menyampaikan, bahwa sebelumnya Bapak Gubernur pernah meminta agar Brida melakukan riset terkait kuburab imam syaban yang ada di Banggai Kepulauan. Sebagaimana yang telah dijelaskan terkait peradaban islam yang terdapat di Kabupaten Banggai Kepulauan yang melewati jalur-jalur rempah, hasil riset ini nantinya memungkinkan dapat merubah peradaban terkait cerita-cerita sejarah yang ada.



Sumber : PPID Brida Prov. Sulteng

Narahubung : Mei (082297180947)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • *Analisis Keberadaan Imam Syaban Sebagai Tokoh Ulama, Brida Prov. Sulteng Lakukan Audiensi Dengan TACB*

Trending Now

Iklan