Close Ads Here
Close Ads Here

Situasi Terkini, Banjir Touna : Air Sudah Surut dan Warga Mulai Bersihkan Rumah.

Rabu, 24 Januari 2024 | 10:46 WIB Last Updated 2024-01-24T03:46:40Z


Touna - Tingginya intensitas hujan sebabkan sungai Mawomba hingga merendam rumah warga dan mengakibatkan beberapa kerusakan. Bencana banjir tersebut terjadi di Desa Mawomba, Kec. Tojo Barat, dan Desa Bahari, Desa Tawaya dan Desa Lewono, Kec. Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una. 

Berdasarkan data dari Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Prov. Sulteng, bencana banjir tersebut terjadi pada hari Minggu, 21 Januari 2024 pukul 15:00 WITA.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui TRC dan Pusdalops BPBD Provinsi Sulteng telah melalukan beberapa upaya dan penanganan sesuai instruksi Gubernur Rusdy Mastura yakni, melakukan assessment, berkoordinasi dengan Aparat Desa Mawomba, Desa Bahari, Desa Tayawa, dan Desa Lemoro" Jelas Kepala Pelaksana BPBD Prov. Sulteng Akris Fattah saat di konfirmasi oleh PPID Utama Pemprov Sulteng melalui WhatsApp pada Selasa, (23/1/2024)

Selain itu, kata Akris, pihaknya berkoordinasi dengan TRC-BPBD Kab. Touna, Pemadam Kebakaran Touna, Polsek, BPBD Touna, PU Touna, Relawan BASMI melakukan penyaluran air, melakukan peembersihan material banjir dengan alat berat PU Touna dan dibantu oleh TNI, Relawan dan masyarakat serta mendirikan dapur umum bersama Dinas Sosial.

Selanjutnya, Kalak BPBD tersebut juga menyampaikan bahwa BPBD Provinsi dan Touna bersma OPD terkait, POLRI, TNI dan masyarakat telah melakukan diantaranya ; evakuasi, pendirian posko, dapur umum, pendirian tenda pengungsi, pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, pelayanan air bersih, pembersihan jalan dan rumah masyarakat.

"Sesuai arahan bapak Gubernur agar BPBD Provinsi untuk segera menyediakan dan membangun Hunian Sementara terhadap 7 unit rumah masyarakat yang hanyut dan rusak berat"sebut Akris 

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa situasi terkahir di lokasi bencana banjir, tampak air sudah surut, namun masih terdapat genangan air di beberapa titik, masyarakat terdampak membersihkan rumahnya masing-masing serta aktifitas belajar mengajar telah berlangsung normal. 

"Untuk saat ini, beberapa kebutuhan yang dibutuhkan meliputi, air bersih, logistik/makanan cepat saji, pakaian dan selimut."tambahnya 

Sumber : 

- Aparat Desa Mawomba, Desa Bahari, Desa Tayawa, dan Desa Lemoro

- BPBD Kab. Tojo Una-Una

- TRC & PUSDALOPS BPBD PROV. SULTENG

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Situasi Terkini, Banjir Touna : Air Sudah Surut dan Warga Mulai Bersihkan Rumah.

Trending Now

Iklan