Close Ads Here
Close Ads Here

Gempa Bumi M 4,2 Guncang Soroako, Masyarakat Merasakan Seperti Ada Truk Melintas

Minggu, 12 Juni 2022 | 07:19 WIB Last Updated 2022-06-12T00:19:26Z

 



PALU- Minggu,12 Juni 2022 pukul 06:18 WITA, wilayah Soroako, Kabupaten Luwu Timur, Propinsi Sulawesi Selatan, diguncang gempabumi tektonik. 

Berdasarkan rilis Stasiun Geofisika Palu, Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.39 LS - 121.35 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 15 km arah utara Soroako, Kabupaten Luwu Timur,  Propinsi Sulawesi Selatan pada kedalaman 7 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas  sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Malili dan Kabupaten Luwu. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi Tsunami.

Hingga hari Minggu, 12 Juni 2022 pukul 06:45 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempa Bumi M 4,2 Guncang Soroako, Masyarakat Merasakan Seperti Ada Truk Melintas

Trending Now

Iklan